Selasa, 30 April 2013

Sudah Audit Lagi




        Tanggal 01~05 April 2013 yang lalu, KAM KTI telah melaksanakan salah satu kewajiban dalam pengelolaan hutan rakyat lestari yaitu audit tahunan (annual surveillence) ke-4 yang bertujuan untuk melihat konsistensi dan kesesuaian antara pelaksanaan peraturan dan standart pengelolaan dengan aplikasi yang ada di lapangan pada keseluruhan kegiatan Responsible Forest Management selama kurun waktu 1 tahun.

    Kegiatan audit kali ini tetap dilaksanakan oleh PT. Mutu Agung Lestari sebagai perwakilan  Soil Association Woodmark dalam kegiatan sertifikasi FSCTM yang ada di Indonesia. Audit S-4 kali ini dilaksanakan selama 5 hari, meliputi documents review dan observasi di lapangan yang ditentukan secara acak sesuai dengan issue yang diminta dalam aplikasi standart SLIM-F FSCTM.



           Wawancara dan pengecekan dokumen di kelompok



Observasi lapangan, pengecekan tunggak di lahan milik anggota


       Alhamdulillah, pelaksanaan audit kali ini berjalan cukup lancar. Pada hari kelima, dilaksanakan clossing meeting untuk melihat hasil evaluasi selama pelaksanaan audit survaillence-4. Dari 13 kekurangan (CAR atau corrective action request) yang harus kami lengkapi, hanya 1 point yang masuk dalam kategori minor sedangkan lainnya termasuk dalam kategori observasi/saran yang harus kami penuhi untuk diverifikasi dalam pelaksanaan survaillance yang akan datang. Namun besar harapan kami, pada hasil finalisasi laporan audit S-4 oleh Woodmark Soil Association tidak ada kekurangan yang bersifat minor apalagi major karena tindakan pengelolaan hutan rakyat yang kami lakukan akan selalu terpelihara dan berkelanjutan.



Pengurus KAM KTI bersama auditor PT. MAL setelah clossing meeting

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut serta mendukung dan mensukseskan kegiatan penilaian tahunan ke-4 ini. Semoga pada resertifikasi berikutnya dapat berjalan lebih lancar lagi. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar