Senin, 30 Juli 2012

Ramadhan, Persiapan Surveillance 2012

Salah satu persyaratan bagi KAM KTI sebagai pelaksana sertifikasi hutan rakyat yang bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari secara produksi, ekonomi, dan sosial adalah adanya audit/penilaian tahunan (annual surveillance) yang bertujuan untuk mengetahui pemenuhan prinsip FSC™ baik secara dokumentasi maupun aplikasi di lapangan.
Rencana proses penilaian tahunan ketiga KAM KTI akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 September 2012 yang dilakukan oleh tim auditor dari Soil Association Woodmark dan PT. Mutuagung Lestari.
Dalam proses penilaian tahunan ketiga ini luas areal kerja KAM KTI sudah meliputi 1.004,55 hektar, yang terdiri dari 1.811 lahan dan 1.296 orang anggota. Areal kerja tersebut dibagi menjadi 30 kelompok yang tersebar di 3 Kecamatan dan 21 Desa, yaitu Kec. Krucil (Kertosuko, Krobungan, Betek, Wedusan, Tambelang, Roto, Sumberduren, Krucil, Plaosan, Bremi, Guyangan); Kec. Tiris (Tiris, Pedagangan, Pesawahan, Racek, Tlogoargo, Ranugedang, Segaran, Andungbiru, dan Andungsari) ; Kec. Maron (Brabe dan Sumberdawe).
Persiapan yang kami lakukan untuk menghadapi annual surveillance kali ini diantaranya adalah melakukan internal audit kelompok, dengan melakukan pengecekan semua dokumen baik di KAM KTI maupun di kelompok (FK) dan juga melakukan pengecekan di lapangan yang bertujuan untuk menilai kesiapan kelompok dan kesesuaian terhadap pemenuhan standart  FSC.
Tidaklah mudah dalam menghadapi penilaian kali ini, karena masih banyak kendala dan rintangan yang kami hadapi. Namun besar harapan kami dengan semua persiapan yang kami lakukan di bulan Ramadhan kali ini, pelaksanaan penilaian tahunan kali ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak lagi ada ketidaksesuaian yang menghasilkan CAR seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Marhabban ya Surveillance...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar