Selasa, 06 Juli 2010

PUBLIC SUMMARY 03/PS/KAM-KTI/2009

1. Sekilas Tentang KAM KTI
Koperasi Alas Mandiri KTI (KAM KTI) adalah organisasi yang dibentuk petani di Kecamatan Krucil dan Tiris, Kab. Probolinggo dengan fasilitasi PT.KTI Probolinggo yang bertujuan membangun hutan rakyat lestari dan bersertifikat FSC™. Berdiri tanggal 8 Maret 2007 dengan Nomor Badan Hukum 518/BH/XVI.22/758/426.509/2007. Lokasi kantor di Desa Kertosuko, Kec. Krucil, Probolinggo, Jawa Timur. Tujuan sertifikasi hutan rakyat adalah mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari secara produksi, ekonomi, dan sosial.
2. Anggota, Lahan, dan Areal Kerja
Luas areal kerja 331,6 hektar, sebanyak 765 lahan milik 579 orang anggota. Areal tersebar di 15 Desa, yaitu Kec. Krucil meliputi Desa Bermi, Betek, Guyangan, Kertosuko, Krucil, Pedagangan, Pesawahan, Racek, Roto, Sumberduren, Tambelang sedangkan Kec. Tiris meliputi Desa Andungbiru, Andungsari, Bermi, Betek, Guyangan, Kertosuko, Krucil, Pedagangan, Pesawahan, Racek, Roto, Sumberduren, Tambelang, Tiris, Wedusan. Lahan anggota dibagi menjadi 30 kelompok, 13 Forum Komunikasi Desa, dan 6 Korwil blok.
3. Deskripsi Areal Kerja dan Sosial Budaya
Ketinggian rata-rata 600-700 mdpl dengan curah hujan 2297 mm/th. Jenis tanah andosol didominasi lempung dan debu. Areal kerja terletak di DAS Pekalen yang berasal dari hulu sungai di Krucil dan Tiris. Sebagian areal kerja 50% termasuk lahan dengan kemiringan lebih dari 20 derajat.
Kondisi sosial masyarakat Kecamatan Krucil & Tiris adalah masyarakat pegunungan dengan ketergantungan pada lahan. Tradisi masih dipegang erat dan pengaruh kyai (bindere) cukup menonjol dan tingkat pendidikan yang relatif rendah. Bahasa sehari-hari yang dipakai adalah bahasa Madura.
Masyarakat Krucil dan Tiris menggunakan lahan milik untuk menanam kayu, palawija, buah-buahan, kopi, dsb. Ketersediaan air cukup melimpah digunakan untuk pengairan, kebutuhan rumah tangga, dan sebagian kecil digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sistem pengairan untuk rumah tangga dilakukan secara swadaya masyarakat dengan membuat saluran air dari mata air terdekat.

4. Sistem Silvikultur
Jenis yang dipilih adalah sengon (Paraserianthes falcataria). Jenis pengaya yaitu Jabon (Anthocephlus cadamba), Balsa (Ochroma sp.), Waru Rangkang (Hibiscus similis), Gmelina (Gmelina arborea), Anggrung (Trema orientalis). Tanaman tepi digunakan jabon, tanaman teras digunakan Gliricidae, tanaman lindung di sempadan sungai digunakan bambu, kopi, dan buah-buahan.
Sistem penanaman tumpang sari dengan jarak tanam 6x2 m. Sistem silvikultur yaitu tebang pilih permudaan buatan.

5. Pengaturan Hasil Daur tebang sengon digunakan 5 tahun.
Riap diameter rata-rata 5 cm/tahun. Riap volume 0.08 m3/pohon/tahun. Etat volume sengon dari hasil inventarisasi untuk rotasi pertahun + 7.825 m3/tahun.
6. Konservasi SDH.
Untuk menjaga kelestarian lingkungan, KAM KTI membuat program tanaman tepi, tanaman teras, dan tanaman lindung. Tanaman tepi ditanam pada tepi lahan (jenis jabon), tanaman teras ditanam pada teras/galeng (jenis gliricidae), tanaman lindung ditanam pada areal sempadan sungai (jenis bambu, kopi, dan buah-buahan).
7. Organisasi dan Pemberdayaan Kelompok
Setiap kelompok membentuk kepengurusan di tingkat kelompok yang terdiri dari bagian Teknis Operasional Hutan (penanaman, penjarangan, PAK, inventarisasi, dan KSDH), bagian Pemanenan dan Distribusi Hasil, dan bagian Pemberdayaan Masyarakat. Kelompok mengadakan system administrasi sederhana dan program kerja yang mengacu dari program KAM KTI. Pertemuan kelompok bersifat informal dan formal dengan fasilitasi KAM KTI. Pelatihan dilaksanakan sesuai keinginan anggota, meliputi pelatihan penanaman, penjarangan, penebangan, pupuk kompos, kubikasi pohon, GPS, dan K3. Diharapkan kelompok menjadi organisasi terkecil yang mandiri dalam Unit Manajemen.
8. Pembiayaan dan Pendapatan
KAM KTI menjalin kerjasama dengan PT.KTI sebagai pihak donor sekaligus buyer log dari KAM KTI. Sumber penerimaan KAM KTI selama proses sertifikasi dan proses menuju kemandirian adalah dari PT.KTI.Harga log bersertifikat adalah lebih mahal daripada harga pasaran dengan metode pengukuran volume secara lokal.
9. Proses Sertifikasi Hutan Lestari FSC™
Hasil Final Assesement telah mendapatkan sertifikat FSC™pada tanggal 22 Desember 2008 yang berlaku hingga 21 Desember 2013. Dengan kode regestrasi sertifikat SA-FM/COC-002083.
10. Proses audit tahunan pertama hutan lestari FSC™ dan ekspansi anggota baru
Proses audit tahunan pertama dan ekspansi anggota baru telah dilaksanakan pada tanggal 21 mei 2010 sampai dengan 26 mei 2010 yang dilakukan oleh tim dari Soil Association Woodmark dan PT. Mutu Agung Lestari, yaitu:
1. Emily Blackwell
2. Taufik Margani
3. Taryanto W.
4. Noki Purwaka
5. Hermudananto

1 komentar:

  1. Dear : All Customer
    Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB )
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twin.co.id

    BalasHapus