Kamis, 09 Desember 2010

Prospek Tanaman Jabon

Tanaman Jabon di lahan milik rakyat

Tanaman Jabon merupakan salah satu jenis tanaman cepat tumbuh besar (fast growing species). Nama Ilmiahnya adalah Anthocephalus chinensis (Lamk), Anthocephalus cadamba Miq sedangkan nama lokalnya adalah Jabon, Kelampeyan, Kelampaian, Kelampayan dan Samama. Daerah penyebaran meliputi seluruh Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Seluruh Sulawesi, NTB dan Irian Jaya.
Tinggi pohon Jabon mencapai 45 m, bebas cabang 30 m, diameter sampai 160 cm, batang lurus silindris, tajuk tinggi dan cabang mendatar, tinggi banir sampai 1,5 m, kulit luar warna kelabu-coklat sampai coklat, sedikit beralur dangkal. Umumnya tumbuh di tanah aluvial lembab dipinggir sungai, peralihan rawa dan tanah kering kadang tergenang air, hidup baik di tanah liat, lempung podsolik coklat, tanah tuf halus atau lempung. Jenis ini perlu iklim basah hingga kemarau, curah hujan A-D, dataran rendah sampai 1000 mdpl.
Warna kayu teras berwarna putih semu kuning muda, lambat laun menjadi kuning semu gading, kayu gubal tak dapat dibedakan dari kayu teras sedangkan tekstur kayunya agak halus sampai agak kasar.
Jabon termasuk dalam kelas awet V, daya tahan terhadap rayap masuk kelas II, daya tahan terhadap jamur kelas IV-V.
Kegunaan Jabon bermacam-macam diantaranya Veneer kayu lapis, untuk korek api, peti pembungkus, cetakan beton, mainan anak, pulp, konstruksi darurat ringan, alat pertukangan dan perkakas rumah tangga.
Sejak tahun 2006 lalu budidaya tanaman Jabon sudah mulai dikembangkan. Hal ini dipercepat oleh penyampaian media informasi sampai kepada masyarakat oleh petugas PPL, dinas terkait, informasi pembibitan, televisi, koran, tabloid dan majalah pertanian dan kehutanan.
Di daerah kecamatan Krucil dan Tiris sendiri mulai dikenalkan oleh PT. KTI sejak 2007 dan saat ini tanaman Jabon sudah tersebar seperti layaknya pohon Sengon. Syukur alhamdulillah bahwa tanaman Jabon sudah terdaftar dalam tanaman yang ada di KAM KTI sebagai koperasi yang bersertifikat FSC&#8482. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tanaman Jabon merupakan salah satu jenis tanaman dengan prospek budidaya yang amat cerah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar